Minggu, 28 April 2013

Bag 6 Mangkunegara IV Guru Bathin kaweruh Jendro Hayuningrat


Latihan Cipta Tunggal

Rahayu......!
            Cipta bermakna pengareping rasa tunggal artinya satu atau difokuskan ke satu obyek. Jadi Cipta Tunggal bisa diartikan sebagai konsentrasi cipta. Biasanya meditasi ini di pakai untuk meditasi persemakmuran, hidup berlimpah harta benda dan kehormatan walaupun kita menjalani laku kejawen.

            Cipta karsa (kehendak) dan pakarti (tindakan) selalu aktif selama orang itu masih hidup. Pakarti bisa berupa tindakan fisik maupun non fisik, pakarti non fisik misalnya seseorang bisa membantu memecahkan atau menyelesaikan masalah orang lain dengan memberinya nasehat seperti konsultan spiritual, nasehat itu berasal dari cipta atau rasa yang muncul dari dalam diri pelaku Kejawen tersebut. Sangatlah diharapkan seseorang itu hanya menghasilkan cipta yang baik sehingga dia juga mempunyai karsa dan pakarti / tumindak yang baik, dan yang berguna untuk diri sendiri atau syukur-syukur berguna bagi orang lain.


Langkah awal
bagi siswa Jendra yang ingin menjadi Konsultan Spiritual

Untuk bisa mempraktekkan hal tersebut diatas, siswa atau seorang pelaku Jendra itu harus selalu sabar, konsestrasikan cipta untuk sabar, orang itu bisa makarti dengan baik apabila kehendak dari jiwa dan panca indera serasi lahir dan batin. Ingatlah bahwa jiwa dan raga selalu dipengaruhi oleh kekuatan api ( Jadmoko Amarah), angin ( Ariah Mutmainah), tanah (Nursari Aluamah) dan air ( Nuriah Supiah ).

Untuk memelihara kesehatan raga, antara lain bisa dilakukan :

  1. Minumlah segelas air dingin dipagi hari, siang dan malam akan tetapi jangan minum saat menjelang tidur, air segar ini bagus untuk syaraf dan bagian-bagian tubuh yang lain yang telah melaksanakan makarti.
  2. Jagalah tubuh selalu bersih dan sehat, mandilah secara teratur di negeri tropis ini minimal sehari dua kali.
  3. Jangan merokok terlalu banyak atau minum minuman berakohol tinggi terlalu banyak. Lebih-lebih kalau sedang melakukan konsulen, alangkah baiknya jika melihat situasi.
  4. Konsumsilah lebih banyak sayur-sayuran dan buah-buahan dan sedikit daging, perlu diketahui daging yang berasal dari binatang yang disembelih dan kita makan itu bisa berpengaruh kurang baik, sebab berontaknya jiwa khewan sembelihan itu saat akan kita ambil kehidupannya, menunjukan khewan tersebut sedang mempertahankan kehidupannya, hal ini akan menimbulkan rasa bersalah dan gelisa yang berkepanjangan dan mengganggu konsentrasi kita. Maka dari itu sebaiknya menjadi vegetarian ( tidak makan daging ) adalah langkah yang positif.
  5. Kendalikanlah kehendak atau nafsu, bersikaplah sabar, narima dan eling. Janganlah terlalu banyak bersenggama, seminggu sekali atau dua kali sudah cukup.

            Berlatihlah supaya cipta menjadi lebih kuat, pusatkan cipta kontrol panca indera. Tenangkan badan (heneng) dengan cipta yang jernih dan tentram (hening). Bila cipta bisa dipusatkan dan difokuskan kearah satu sasaran itu bagus, artinya cipta mulai mempunyai kekuatan sehingga bisa dipakai untuk mengatur satu kehendak.

            Buatlah satu titik (.) hitam atau biru ditembok atau dinding, duduklah bersila dilantai menghadap ke tembok, pandanglah titik itu tanpa berkedip untuk beberapa saat, konsentrasikan cipta, kontrol panca indera, cipta dan pikiran jernih ditujukan kepada titik tersebut. Jangan memikirkan yang lain, jarak mata dari titik tersebut kira-kira tujuh puluh lima sentimeter, letak titik tersebut sejajar dengan mata, lakukan itu dengan santai.

            Lakukan latihan pernafasan dua kali sehari, pada pagi hari sebelum mandi kurang lebih 20 menit sambil tersenyum dan mengucap syukur, demikian juga pada sore hari 20 menit sebelum mandi. Caranya tarik nafas dengan tenang dalam posisi yang enak tahan sebentar lalu lepaskan, ulangi hal ini berkali-kali sampai 20 menit sambil tersenyum dan mengucap syukur. Lakukan olah raga ringan (senam) secara teratur supaya badan tetap sehat, sehingga mampu mendukung latihan olah nafas dan konsentrasi. Hisaplah kedalam badan Sari Trimurti pada pagi hari sebelum matahari terbit dimana udara masih bersih, lakukan sebagai berikut :

Tarik nafas         Tahan Nafas                  Keluarkan Nafas                      Jumlah
 10 detik             10 detik                          10 detik                                    30 detik  minggu I       :  3 kali
 15 detik             10 detik                          15 detik                                    40 detik  minggu II      :  3 kali
 20 detik             10 detik                          20 detik                                    50 detik  minggu III     :  3 kali
 26 detik              8 detik                           26 detik                                     60 detik  minggu IV/V:  3 kali
           
            Untuk memperkuat otak tariklah nafas dengan lobang hidung sebelah kiri, dengan cara menutup lobang hidung sebelah kanan dengan jari, lalu tahan nafas selanjutnya keluarkan nafas melalui lobang hidung sebelah kanan, dengan menutup lobang hidung sebelah kiri dengan jari.

Tarik nafas                    Tahan Nafas               Keluarkan Nafas                    Jumlah
 4 detik                            8 detik                        4 detik                                16 detik  minggu I         :  7 kali 10 detik                          7 detik                       10 detik                                27 detik minggu II         :  7 kali 10 detik                        10 detik                       10 detik                                30 detik  mingguIII       :  7 kali 20 detik                        20 detik                       20 detik                                60 detik  mingguIV/V   :  7 kali

Rahayu......!

Tidak ada komentar: