Kerata Kuda, Mobil, Sepeda
Motor Atau Transportasi lain
(Ritual ini bisa dilakukan
oleh semua punggawa Jendra).
Pendahuluan
Kalau jaman dahulu, semua mobil, kendaraan dan
peralatan transportasi lainya di import dari luar negeri. Sudah barang tentu di
jamin keaslian logam besi, plat dan benda-benda logam lainnya, yang menjadi
bahan dasar dalam membangun satu unit kendaraan. Asli yang di maksud di sini
adalah, semua bahan baku dari kendaraan tersebut, terbuat dari bahan logam yang
di ambil langsung dari tambang biji besi, baja, zenk, alumunium dll. Artinya,
bukan bahan yang berasal dari daur ulang.
Berbeda dengan kendaraan jaman sekarang, seiring
dengan perkembangan pabrikan dalam suatu negara maka, pemerintah mengeluarkan
suatu kebijakan guna mengatisipasi kemacetan jalan raya dan overloadnya hasil
prosuksi dari semua pabrik, baik pembuat bahan dasar maupun pabrik perakitan
kendaraan. Yaitu dengan meberlakukan masa ekspayet suatu barang atau
setidak-tidaknya mendaur-ulang barang-barang bekas pakai untuk dirubah menjadi
sesuatu yang baru dan disesuaikan dengan kebutuhan masa kini.
Berawal dari barang-barang daur-ulang inilah, tuntutan
pelayan spiritual terhadap kendaraan-kendaraan yang baru diproduksi ini sangat diperlukan.
Sebab kita membeli kendaraan untuk kenyamanan keluarga dan keselamatan
pengemudi serta penumpangnya, bukan membeli mesin pembunuh yang berakibat
menyengsarakan banyak orang.
Jamasan
Kagem Kendaraan Anyar Atau Baru
Jamasan kagem kendaraan anyar atau kendaraan masih
baru apakah diperlukan? Guna menjawab pertanyaan ini sebaiknya kita harus tahu
terlebuh dahulu, apakah kendaraan yang kita beli ini, terbuat dari logam baru
yang di ambil dari tambang biji besi? Atau terbuat dari bahan-bahan daur-ulang
yang terdiri dari rongsokan mobil bekas kecelakaan yang telah meregut nyawa
semua penumpangnya? atau baja-tuang yang bahan-bahannya terdiri dari bad rumah
sakit kuno yang sudah dipakai nazak (sekarat) oleh ratusan pasien yang
meninggal karena penyakit kronis? atau besi rongsokan yang terbuat dari
katil-keranda orang mati atau rongsokan ambulan. Tak dipungkiri juga terbuat
dari rongsokan tombak, keris, pisau sangkur ataupun senjata api ex pertempuran
jaman perjuangan tempo dulu.
Jika kita bisa memastikan dan menjamin kendaraan baru
kita tidak terbuat dari bahan daur-ulang seperti tersebut di atas, dengan tegas
saya jawab “Jamasan Kendaraan Baru” sangatlah tidak diperlukan. Sebab jika hal
ini dilakukan maka kita tergolong orang-orang musrik, buang-buang uang, mistik
dan kolot.
Akan tetapi kalau kita tidak bisa menjamin bahwa
kendaraan yang kita beli bukan barang daur-ulang, maka “Jamasan Kendaraan Baru”
sangatlah diperlukan. Karena kita tidak ingin membeli mesin pembunuh atau menyesal
seumur hidup karena benda rongsokan itu telah menyengsarakan selama hidup kita.
Mari Belajar
Dari Masa-lalu Orang Lain
Perhatikan kehidupan orang-orang disekitar anda.
Terutama mereka yang baru saja membeli sebuah kendaraan apapun bentuknya,
mungkin hanya mampu membeli sebuah sepeda motor atau bahkan bisa membeli mobil
mewah. Sehari hingga sebulan lamanya kendaraan itu kita miliki, belum
menampakan efek apapun dalam kehidupan kita. Tetapi lama-kelamaan kita
merasakan ada yang janggal dengan hidup kita. Bisnis mulai nampak sulit,
pangkat tidak naik-naik, anak-anak dirumah sering sakit bahkan bolak-balik kita
menghatarnya dengan mobil itu ke rumah-sakit. Bahkan tak sedikit yang mengalami
kecelakaan hingga membawa keluarga kita kelobang maut.
Jangan cemas dulu, sekarang perhatikan beberapa orang
kaya disekitar anda. Walau mereka sudah menjadi meliader, tetapi tetap menyimpan
sepeda motor bututnya di garasi si Merzy miliknya, bahkan dia tetap nyaman
mengendarai pickup tuanya (namun terawat) walau dia sudah berkali-kali ganti
mobil doble cabinnya.
Demikianlah sekelumit penjelasan, mengapa Jamasan
Kendaraan Baru sangat diperlukan. Pada dasarnya, jamasan ini tidak bedah jauh dengan
ruwatan atau larungan. Bagi pembaca yang memahami tentang penyempurnaan arwah,
ilmu ini hanya melengkapi pelayanan anda ditengah-tengah masyarakat. Akan
tetapi bagi anda yang tidak paham sama sekali tentang arwah atau hal-hal yang
berkaitan dengan spiritual, sebaiknya menghubungi orang-orang yang memahami
pelayanan penyempurnaan arwah. Namun jangan kuwatir, jika dikota anda sulit
menemukan ahlinya, diakhir tulisan ini saya menyertakan beberapa petunjuk
metode spiritual, yang bisa dilakukan sendiri antara anda dan beberapa anggota
keluarga anda yang lainya sebagai pendaping.
Persiapan :
Ø Nasi tumpeng lawuh kemanggang bumbu rujak,
Trancam dan Peyek Teri
Ø Uwoh-uwohan atau padi satu ikat
(tidak wajib kecuali cikar, truk atau pickup)
Ø Jajan Tukon Pasar 5 atau 7 macam dan
masing-masing jumlahnya tidak dibatasi, hanya sebuah atau lebih juga boleh.
Ø Kopi Pahit dan Gula Jawa
Ø Rokok Klobot
Ø Sekar telon (mawar, kenanga, kanthil)
Ø Wedhak beras
Ø Rajangan Daun Pandan
Ø Abu Merang Ketan Hitam (merang ketan ireng)
Ø Damar Kambang
Ø Jenang Sengkala
Ø Siwur, Timba air
Ø Kain Putih alas sesaji
Ø Kain Putih tutup prosesi
Ø Dupa dan Bokor
Kendaraan di siapkan di luar halaman rumah, dilarang masuk
garasi atau halaman rumah sebelum menerima Jamasan dari Pinisepuh atau pemimpin
ritual (bisa anda sendiri).
Ujuban pada Pinisepuh atau Pemimpin
ritual (diawali bakar dupa 9 batang)
di khususkan pada : Eyang Wongsodjono, Leluhur
pemohon, Pemohon
v Punggawa I (Maos
Mantra sowan Gusti) : Niyat ingsun
ngukup madahi jayaning ratu, winadahan cupu Kencana Mulya,” (3x)
Pinisepu atau Pemimpin Ritual : Nyawiji
v Semua
hadirin : Adam sumingkir, Eyang
Wongsodjono wus rawuh, Kawula ngaturaken seba _/\_
Pinisepu atau Pemimpin Ritual : Dhawuh
(kalau pemimpin ritual : Opo kang siro suwun?)
v Punggawa dan
semua hadirin : “Rahayu Bopo, Puteh-putihipun
mripat kuwula, inggih punika Sang Hyang Ingkang Moho Agung, Ireng - irengipun
mripat kuwula inggih-punika guru lantaran kawula ........................................,
kalajeng, Telengipun mripat kawula inggih punika Guru Bathin kuwula Eyang
Wongsodjono.”
Ø
Punggawa I : Aduh Gusti, ambo ngaturaken sarining
toya-weningipun sekar arum. Tuwin ngaturaken kukusipun gandha-harum ingkang
sundul akoso. Sedaya kunjuk ing ngarsa paduka. Gusti Hyang Moho Suci. Amargi ing dinten punika ari : ....................
pekenan : .................... sijabang bayine ....................... (sebutaken
asmanipun ingkang kagungan kendaraan enggal) ..............Nyuwun dipun ladosi, pasemeden ngaturaken sedekah tumpeng
kinorbanan, tuwin paring jamasan tumrab wesi aji ingkang mawujud kendaraan
alias tunggangan.
Ø Punggawa II
: Murih pikantuk idi palila, saking
Gusti piyambak ingkang akarya jagad punika. Supados, lumatar kawontenanipun
kendaraan engkang enggal punika, saget anjunjung derajadtipun kulawarga, paring
kapribawan soho ngrawuhaken kemakmuran ing salaminyo.
Ø Punggawa I : Sedaya ubo-rampen sampun cumawis, para saksi sampun rawuh, sak mangke
wekdal soho kawicaksanan kula rawuhaken saking Ngayugjokarto kapindo. Sumonggo,
kawula nyuwun Dhawuh.
Pinisepu atau Pemimpin Ritual : Dhawuh
(Jika pelayan pemimpin ritual bacakan mantra ini : “Tumpeng ateges gunungan, gunungan ateges wiwitan. Minangka kagem mulya’aken
dhawuh. Darbeh wujud kuwi wiwitane soko dhawuh, darbeh dhawuh karsane apik
anane. Dene-dene dhawuh kladuk nganti tuwuh wiji ala, peksi ayam pendara kang
dadi kurbane, wadage dipethentheng tuwin rahe di blonyohake. Dene pangertenipun
sesaji,punggawanipun tata adhicara ingkang bade mbabaraken).
v Semua Hadirin
: (membaca bersama-sama)
Tumbasan peken (Jajanan
pasar) : kagem mulyakaken sengkala tuwin sengkali, tegesipun
sengkala ingkang rumeksa margi pra-sekawan (prapatan) tuwin pra-tigan
(pertelon). Sengkali ingkang rumeksa lumintuning tuk (ilinipun toya), ingkang
kesabet-kesampluk, ingkang kesampar-kasandhung mugi sampun ngantos ngrubeda.
Sarana
sesaji boga ingkang dumadi saking pala gumantung, ingkang mengku teges;
beja lan cilaka manungsa punika hamung gumantung dening Hyang Maha Suci, inggih
Ingkang Akarya Jagad, titah hamung ambudidaya supados rahayu. Dening sarining
boga katur dhumateng Guru Bathin junjungan kita ingkang sampun pinarak ing dhamparipun
Swarga-Tusita pangawejah-wentahanipun Nagayugjokarto kapindo, inggih punika
Eyang Wongsodjono, mugi kersaho paring pangayoman dumateng kita ingkang seba
punika.
Wahyu Jendra
Hayuningrat Hyang Agung, Hyang Suksma, Guru Sejati. Ingsun Toh-Jalining Dat
Kang Moho Suci, ingkang murbo-wisesa, ingkang kawoso angandika kun-fayakun.
Dadiya sak Cipta-ningsun, Dadiya sak Sedya-ningsun, Tekaho sak Karsa-ningsun,
Metuho sak Kodrat-ingsun.
Punggawa yang bertugas : Menyerahkan ubo-rampen Jamasan dihadapan Pinisepuh
atau pemimpin ritual.
·
Pemilik Kendaraan atau yang meminta prosesi : (Membaca) Kun dat kun, kang ono sajroning nitra-ningsun. Kun
dat kun, kang ono sajroning guwagarba-ningsun, rasa suksma kang ana sajroning
nitra-ningsun, rasa suksma kang ana sajroning guwagarba-ningsun. Siro metuwo,
reksanen wesi-aji iki, jangkungana kendaraan iki. Murih ingsun nyuwun selamet, kajunjung
derajad ingsun, pikantuk kapribawan soho dadiyo dalane makmur urip ingsun sak
lawase.
Pinisepuh (Dhawuh) atau pemimpin ritual (membaca mantra ini): “Sang Kun dat suksma, suksma kang ono sak njabane wayangan, ni
Endang asmane suksma kang mider ing sajroning wayangan. Siro ojo ngaling-alingi
lumakune kendaraan iki, ananging, reksanen tuwin jangkungono rino lan wengi,
saperlu nyingirake sakabehing memolo, gudha, maling, calimut lan sakabehing
rencana ala, soko sajrone kendaraan iki”.
Ø Punggawa : Ha, Na, Ca, Ra, Ka Da,
Ta, Sa, Wa, La
v Semua
Hadirin : Padha sirep, rep-sirep.
sahakehing godha rencana sing ana ing sak jroning kendaraan iki, wes sirep
saking kersane Sang Hyang Adhi Kodrati.
Ø Punggawa : Nga, Tha, Ba,
Ga, Ma Nya, Ya, Ja, Dha,
Pa
v Semua Hadirin
: Padha sirep, rep-sirep. sahakehing godha rencana sing ana ing sak jroning
kendaraan iki, wes sirep saking kersane Sang Hyang Adhi Kodrati.
Pinisepuh atau pemimpin Ritual Jengkar
keprabon, tumuju ing pelataran bale griya. Kendaraan disiapkan oleh petugas.
Sebelum Prosesi Jamasan dilaksanakan, membaca
mantra tulak-balak :
Ø Punggawa : Ha, Na, Ca, Ra, Ka Da,
Ta, Sa, Wa, La
Semua
Hadirin : Padha sirep, rep-sirep.
Jim, Peri Dhemit, Khewan, Brekasakan, Prayangan, Setan, Sing nglibet sak dawane
dalan lan kang ono ing sajroning kendaraan iki, siro ojo dadi panggodha marang
sakabehing wong kang podo nunggang ing kendaraan iki.
Ø Punggawa : Nga, Tha, Ba, Ga, Ma Nya,
Ya, Ja, Dha, Pa
Semua
Hadirin : Padha sirep, rep-sirep.
Jim, Peri Dhemit, Khewan, Brekasakan, Prayangan, Setan, Sing nglibet sak dawane
dalan lan kang ono ing sajroning kendaraan iki, siro ojo dadi panggodha marang
sakabehing wong kang podo nunggang ing kendaraan iki.
Prosesi Jamasan oleh
pinisepuh, pemohon prosesi memasuki kendaraan, berdoa memohon keselamatan,
kelanggengan, bersyukur atas berkat baru dan mesin dihidupkan.
Ujung
tumpeng dipotong oleh pinisepuh atau pemimpin ritual dan diserahkan ke pemohon
ritual yang berada didalam kendaraan, para punggawa mempersilahkan pemohon
untuk menikmati tumpeng.
Kembali kepaseban, persiapan
meditasi penutup :
Mantra Panutup
: (sinambi patrap semedi) seperti ini (
_/\_ )
Semua
Hadirin : Gedhong Suksmo, tutup
suksmo, kancing rasa, purbo wisesa langgeng, iya ingsun pangeran Sadirun, teko
jaleg - lungo jaleg. Sang Hyang Wuryan, wuryan katon, wuryan ketemu. Duh Gusti
kang murbeng dumadi soho kang sinembah satuhune. Duh Gusti, Kawula masrahaken
dosa kawula, liniwat sesaji punika, bilih wonten kakirangan soho
kacingkranganipun, kawula nyuwun apuro soho nyuwun wilujeng.
Pepuji Panutup (sesahutan) : Aom-Aom-Aom
Salam _()_ Rahayu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar